Senin, 12 Mei 2008

Ahad itu............

Ada rasa membuncah didalam dada yang mendesak air mataku perlahan menggenang dimataku, saat aku memasuki ruangan ini. Didepan, diatas podium kulihat dirimu bersiap untuk melewati peristiwa penting dalam hidupmu. Yach, hari ini kau akan mengikuti imtihan sebagai salah satu syarat untuk menerima ”syahadah” atas perjuanganmu dalam menimba ilmu-Nya.

Berawal dari sms yang kau kirimkan beberapa hari yang lalu. ”Mbak insya Allah kami akan mengadakan khotaman dan imtihan untuk santri, hari ahad besok jam 8, Mbak bisa datangkan? Kami tunggu ya mba..”. Kini, saat ini aku berada diruangan ini untuk mengikuti peristiwa ini, meskipun agak terlambat karena ada sebuah urusan yang harus aku selesaikan. Ada sebuah dorongan kuat yang tiba-tiba menggerakkan langkahku menuju masjid ini, setelah hampir satu tahun aku pergi menapaki jalan yang aku sendiri tidak tahu aku akan melangkah kemana.

Dan kini tibalah saatnya kau melewati ujian ini, dihadapan dua panelis, kau mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lancar dan dengan gayamu yang khas, yang seringkali membuat orang tertawa atas keluguanmu. Subhanallah, begitu lancar kau menjawab pertanyaan, yang mungkin jika pertanyaan itu sekarang ditujukan kepadaku, mungkin hanya kekeluan lidah yang dapat aku lakukan tanpa ada satu jawaban pun yang keluar dari mulutku.

Masih kuingat dulu ”Mbak nanti kalau santri sudah diajar semua, sebelum pulang aku disimak ya” pintamu dulu padaku. Tapi kini, saat kulihat dirimu sekarang, akulah yang kan memintamu untuk mengajariku. Dik ijinkan aku belajar padamu tentang isymam, saktah, waqof, wasol, ghoribah, musykilat atau pun bahkan tentang A-Ba-Ta-Tsa.

Sekali lagi ajari aku dik.........


Ya Robb, kemana saja aku selama ini,

Tlah ku buang kemana pelita yang telah Kau sinarkan dihatiku dulu.

Robb, aku tahu Kau tak pernah lupa padaku........

Tapi mengapa begitu lama aku melupakan-Mu?

Aku salah.......................

Aku malu.....................tapi,

Masih bolehkah aku mengetuk pintu-Mu, sekali lagi.....

Ijinkan aku bersimpuh di hadapan-Mu

Masih bolehkah, Ya Robb???



---Atas sebuah kealpaan yang tak jua kusadari---


Ahad, 11 Mei 2008 ,

LPQD (Lembaga Pendidikan Qur’an Dewasa) Al-Hikmah

LPIM (Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin) UNY.


To: Siti May, Imtikhanah, Pak Dju ..........masih bolehkah aku kembali bersama kalian?

Special to: Ustadzah Alfi Zuhriyah……….Jazakumullah atas segala cinta dan tausiyahnya

Tidak ada komentar: