Senin, 16 Maret 2009

" Saat kendaraan macet di rel KA........."


Seringkali ketika kita sedang melewati perlintasan kereta api, kita melihat kendaraan yang sedang melaju diatas rel tiba-tiba mati mesinnya, atau bahkan mungkin kita sendiri pernah mengalaminya. Tiba-tiba mesin mogok, dan tentu saja hal ini sedikit banyak akan membuat kita panik, takut dan tidak bisa berpikir jernih lagi.

Terinspirasi dari sebuah artikel yang dikirim oleh seorang sahabat.....semoga tips berikut bisa membantu dalam mengatasi "kepanikan" ketika kendaraan yang kita kendarai macet di rel KA.
Pertama, usahakan kita tetap santai dan tenang..dan tentu saja terus berdoa. Yang kedua, bunyikan klakson terus menerus dan cobalah untuk menghidupkan starter. mengapa demikian???

Karena ternyata, menurut sebuah buku sains ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan menghasilkan medan magnet yang sangat tinggi akibat gesekan yang terus-menerus, dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam. Bayangkan saja kalau kereta berlalu lalang setiap 5 atau 10 menit sekali, berapa banyak medan magnet yang tersimpan direl KA...?
Dan akibatnya bisa membuat mesin mobil atau motor mati mendadak...jika kita terlalu lama diatas rel / medan magnet itu.

Akan tetapi hal itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti suara klakson, dan ternyata klakson yang dibunyikan terus menerus berhasil memutuskan medan magnet yang mengganggu disekitar rel tersebut. Sehingga kemungkinan mobil atau motor bisa di starter lagi ;')
................................................
Semoga tips singkat diatas bisa bermanfaat.....


Tapi jadi timbul pertanyaan nih, kira2 apa yang menyebabkan bunyi tinggi bisa memutus /menghilangkan medan listrik disekitar rel ya???
Oke deh.....PR buat kita semua ya!!! kita cari tahu yuk!!!






Tidak ada komentar: