Senin, 02 Maret 2009

"Hujan........"

Akhir-akhir ini hujan sering turun.....bahkan tiba2 tanpa ada tanda2, tak peduli kita masih dijalan atau masih dimana saja...yah, tentu saja karena bulan2 ini untuk di negara kita memang musimnya hujan. Hujan adalah sebuah berkah yg dilimpahkan oleh-Nya untuk umat manusia di bumi ini. Bisa kita bayangkan jika hujan tidak pernah turun.....kekeringan akan menyapa setiap jengkal tanah di bumi. Harus kita syukuri,...meskipun ketika hujan datang akan membuat baju yg kita jemur menjadi basah lagi, atau bahkan membuat kita sakit karena flu. Karena dengan turunnya hujan merupakan bukti kasih dan cinta-Nya.....dengan turunnya hujan,maka ditumbuhkan-Nya tumbuh-tumbuhan dengan subur, dihijaukan-Nya setiap jengkal tanah dibumi ini.
Nah...teman,sebenarnya hujan itu apa ya? kita cari tau yuk!!!!


*************
Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embun dan kabut). Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering.
Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi. Lembaban dari laut menguap, berubah menjadi awan, terkumpul menjadi awan mendung, lalu turun kembali ke bumi, dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula.